Sebanyak 8437 item atau buku ditemukan

Kreatif Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VI untuk SD

Untuk versi cetak, silakan kunjungi: http://www.penerbitduta.com/read_resensi/2017/8/kreatif-pendidikan-agama-hindu-dan-budi-pekerti-kls-vi-k-13-revisi#.YWVQKdVByUk Seri Kreatif merupakan buku yang disusun berdasarkan Kurikulum Tahun 2013 Edisi Revisi sesuai Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016. Seri Kreatif ini dikembangkan menggunakan model pendekatan sains 5M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan Mengomunikasikan/Membentuk Jejaring). Pendekata sains dalam seri Kreatif diharapkan dapat memunculkan kebiasaan Ask – Observe – Try – Explore – Learn yang merupakan tahapan pembentukan bangunan pengetahuan. Seri Kreatif ini tidak sekadar memaparkan materi, tetapi juga lebih banyak melibatkan siswa dalam kegiatan belajar sehingga pengalaman belajar menjadi lebih berkesan. Nilai plus dari seri Kreatif ini adalah sebagai berikut. Materinya mudah dipelajari sehingga siswa senang bereksplorarasi menemukan pengetahuan baru. Contoh-contoh yang diberikan merupakan contoh peristiwa yang dihadapi sehari-hari (contextual learning). Belajar melalui contoh menjadi salah satu pendekatan yang banyak muncul dalam buku ini. Paparan, contoh soal, dan soal latihan disusun sedemikian rupa untuk mengakomodasi pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Siswa akan terbiasa menemukan berbagai pilihan untuk menyelesaikan masalah atau menjadi problem solver.

Untuk versi cetak, silakan kunjungi: http://www.penerbitduta.com/read_resensi/2017/8/kreatif-pendidikan-agama-hindu-dan-budi-pekerti-kls-vi-k-13-revisi#.YWVQKdVByUk Seri Kreatif merupakan buku yang disusun berdasarkan Kurikulum Tahun 2013 ...

Konsep Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Sastra Agama Hindu Perspektif Teologi Hindu

Dalam agama Hindu juga terdapat konsepsi tentang ling­kungan. Konsepsi tersebut tersebar dalam kitab suci baik yang tergolong Sruti, Smerti, maupun dalam manuskrip-manuskrip yang berupa lontar serta dalam kaedah-kaedah yang tidak tertulis. Dalam agama Hindu juga diatur tentang bagaimana seharusnya manusia berperilaku terhadap lingkungan. Hal inilah yang penulis maksudkan sebagai hukum lingkungan agama Hindu. Aspek hukum lain juga terdapat dalam agama Hindu jika ditinjau ber­dasarkan pembagian hukum yang dikenal berdasarkan hukum Barat ataupun hukum nasional yaitu, aspek pidana, perdata, tata negara dan lain-lain. Namun keberadaannya tersebar sedemikian rupa dalam beberapa kitab yang ditulis dalam berbagai jaman yang berbeda serta dalam kaedah-kaedah yang tidak tertulis.

Dalam agama Hindu juga terdapat konsepsi tentang ling­kungan.

Buku Ajar Pendidikan Agama Hindu di Perguruan Tinggi

Pendidikan Agama merupakan salah satu Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU). Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dengan tupoksinya menerapkan kurikulum yang sesuai yaitu kurikulum yang mengandung empat unsur kompetensi pembelajaran berupa sikap, ilmu pengetahuan, pemberian keterampilan khusus dan keterampilan umum. Dengan penerapan ini diharapkan akan memberikan capaian pendidikan berupa learning outcome. Atas dasar tersebut, buku ajar pendidikan agama ini dibuat dengan tetap berperang teguh pada mekanisme dan unsur-unsur yang tertera pada kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Secara konseptual, setiap jenjang kualifikasi dalam KKNI disusun oleh empat parameter utama yaitu (1) Ilmu pengetahuan (science), (2) pengetahuan (knowledge), (3) pengetahuan praktis (know-how), (4) keterampilan (skill), (5) afeksi (affection) dan (6) kompetensi (competency). Adapun keenam parameter yang terkandung dalam masing-masing jenjang disusun dalam bentuk deskripsi yang disebut deskriptor kualifikasi. Dengan demikian ke-9 jenjang kualifikasi dalam KKNI memuat deskriptor-deskriptor yang menjelaskan kemampuan di bidang kerja, lingkup kerja berdasarkan pengetahuan yang dikuasai dan kemampuan manjerial dan dinyatakan sebagai capaian pembelajaran. Buku Ajar Pendidikan Agama Hindu ini selain tetap berpegang teguh pada KKNI, juga tetap mengaitkan berbagai pembahasan/materi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Meskipun secara mekanisme, perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama belum melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar. Secara sepintas, buku ajar ini tetap mengakomodir hal-hal yang bisa dimasukkan ke dalam buku ajar. Selain itu, buku ajar ini juga disusun dengan bahasa sederhana dan mudah dicerna. Dengan bahasa-bahasa ilustrasi yang bersegmentasi pada generasi milenial. Tujuannya adalah lebih mendekatkan dengan para mahasiswa yang notabene adalah generasi milenial. Bukan hanya itu saja, bahasa yang lebih simpel, sederhana dan kekinian diharapkan mampu merubah paradigma buku agama yang cenderung kaku menjadi lebih dekat di hati anak muda.

Pendidikan Agama merupakan salah satu Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU).

Modul Ajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X

Sejarah dan Kebudayaan Hindu di Asia

Materi buku ini disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototipe 2022 sehingga dapat digunakan sebagai pedomaan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penyusun menyadari isi modul ini banyak kekurangannya, untuk itu kritik dan saran yang konstruktif dari semua pihak sangat diharapkan demi penyempurnaan edisi berikutnya. Semoga modul ini bermanfaat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Agama Hindu, khususnya tingkat SMA/SMK dalam materi Sejarah dan Kebudayaan Hindu di Asia.

Materi buku ini disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototipe 2022 sehingga dapat digunakan sebagai pedomaan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Sanatana Dharma

Buku Penunjang Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VIII

Buku ini disusun untuk mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, dimana pencapaian kompetensi pada penguasaan materi bukanlah menjadi suatu unsur utama melainkan lebih menekankan pada pencapaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial sesuai dengan konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Dengan mempelajari buku ini diharapkan siswa mampu memahami ilmu pengetahuan tentang agama Hindu dengan baik serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata agar dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Kisah-kisah cerita yang ditampilkan dalam buku ini dapat memberikan inspirasi yang bermakna tentang gambaran yang sebenarnya bagaimana nilai-nilai etika, moralitas dan kebenaran hendaknya dilaksanakan dalam kehidupan ini. Materi yang disajikan dalam buku ini juga beragam dengan kompleksitas materi yang dikemas secara sederhana dengan tetap mengedepankan unsur-unsur spiritual keagamaan untuk memudahkan siswa dalam memahami ajaran-ajaran agama Hindu. Śloka-śloka dalam beberapa pustaka śuci Agama Hindu juga terdapat di setiap bab pada buku ini untuk menunjang keakuratan materi yang disajikan. Diharapkan setelah membaca dan mempelajari buku ini, siswa mampu memahami Sifat Ātmān Dalam Bhagavadgītā, Sapta Timira, Tri Guṇa, Pañca Mahābhūta, serta Perkembangan Agama Hindu Di Asia dengan ruang lingkup yang terperinci dan lebih detail. Semua materi dalam buku ini telah disusun berdasarkan silabus Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VIII Kurikulum 2013 dengan tambahan beberapa materi yang bersifat prinsip untuk pengembangan materi pembelajaran. Penjelasan dan pembahasan yang lengkap dengan bahasa yang sederhana akan memudahkan siswa dalam memahami materi pada buku ini. Rangkuman materi dalam buku ini disusun secara sistematis untuk menunjang tema pembahasan materi ditambah dengan berbagai penjelasan istilah-istilah dalam agama Hindu dan soal-soal yang beragam akan lebih mengasah kemampuan siswa.

Buku ini disusun untuk mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, dimana pencapaian kompetensi pada penguasaan materi bukanlah menjadi suatu unsur utama melainkan lebih menekankan pada pencapaian ...

Integrasi Pendidikan Agama Hindu dalam Pembelajaran Bahasa Sanskerta

Buku ini menjadi sebuah jawaban tentang pola pembelajaran Bahasa Sanskerta yang ringan dan sederhana dilengkapi dengan pengintegrasian nilai Agama Hindu didalamnya. Dalam upaya menjaga kelestarian Bahasa Sanskerta, maka buku ini menjadi buku wajib untuk dibaca, semoga dengan terbitnya buku ini dapat mengisi ruang kosong pembelajaran bahasa Sanskerta sebagai bahasa pengantar Kitab Suci Hindu. Akhir kata, semoga buku ini mendapat tempat khusus bagi pembaca dalam upaya menjaga kelestarian Bahasa Sanskerta sebagai Bahasa Pengantar Kitab Suci Hindu.

Buku ini menjadi sebuah jawaban tentang pola pembelajaran Bahasa Sanskerta yang ringan dan sederhana dilengkapi dengan pengintegrasian nilai Agama Hindu didalamnya.

Dari Siwaisme Jawa ke Agama Hindu Bali

Buku ini merupakan kumpulan artikel Andrea Acri (dosen dan peneliti di EPHE, PSL University, Paris) yang berfokus pada Siwaisme (agama Siwa), tantrisme, dan yoga di Jawa dan Bali pada zaman kuno, serta kelanjutannya (sebagai “agama Hindu”) di Bali pada zaman modern. Acri menggarisbawahi keterkaitan praktik agama di Jawa dan Bali dengan tradisi Siwaisme, Brahmanisme, dan agama Hindu di India, sambil juga menyoroti transformasi hingga pemribumian tradisi itu di Jawa dan Bali sepanjang waktu dengan orisinalitas juga nilai intelektual dan spiritual yang tinggi. Ditekankan pula kesinambungan antara tradisi kuno dan wacana baru yang telah berkembang dalam periode modern dan kontemporer, baik di Jawa (setelah kedatangan Islam pada abad ke-15) dan di Bali (setelah reformasi agama Hindu pada awal abad ke-20). Buku ini diharapkan akan berguna untuk memperkenalkan keistimewaan keagamaan dan kebudayaan Jawa zaman kuno kepada khalayak luas di Indonesia, sekaligus membantu mendalami permasalahan bangsa dan negara Indonesia pada masa kini melalui pemahaman masa lalu.

Buku ini merupakan kumpulan artikel Andrea Acri (dosen dan peneliti di EPHE, PSL University, Paris) yang berfokus pada Siwaisme (agama Siwa), tantrisme, dan yoga di Jawa dan Bali pada zaman kuno, serta kelanjutannya (sebagai “agama ...